Popular posts

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Followers

Popular Posts

Unknown On Selasa, 21 Mei 2013


Empat Cara Sehat Makan Sushi Agar Tetap Langsing



Oleh: Marmi Panti Hidayah

Jika masih ada orang beranggapan bahwa sushi adalah makanan ringan atau sekadar camilan, mungkin pemahaman ini perlu ditinjau ulang. 

Rachel Beller, pendiri Beller Nutrition Foundation yang juga penulis buku “Eat To Lose, Eat To Win”  mengingatkan, sushi banyak mengandung kalori dan karbohidrat. Bahkan, kandungan karbohidrat dan gulanya melebihi Big Mac dan kentang goreng di restoran cepat saji.

Beller menyatakan, itu berlaku untuk California rolls sushi yang tersedia di supermarket. Dalam satu gulungan sushi, katanya, mengandung 290-350 kalori dan karbohidrat atau setara dengan dua setengah atau empat potong roti. Jika makan tiga gulungan sushi, berarti jumlah kalori yang masuk ke tubuh mencapai 1.050 kalori.

“Jadi satu California rolls sushi (sushi digulung berisi sepotong ikan, alpukat, mayonaise dan lemak) itu sama dengan dua sandwich berisi sepotong kepiting, alpukat dan sedikit sayuran,” kata Beller dalam rubrik kesehatan online di Daily Mail. 

Ahli Gizi yang juga Dosen Klinis di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Alma Ata Jogjakarta, Esti Nurwanti, S.Gz Dietisien, mengamini bahwa sushi memang padat kalori. Sebab, nasi pada sushi biasanya dipadatkan dulu sebelum digulung. Jadi porsi nasi yang dimakan jatuhnya cukup besar.

Namun demikian, kata Esti, porsi sushi di Indonesia tentu berbeda dengan sushi Amerika dan Jepang. “Porsi sushi di Amerika mungkin jauh lebih besar. Sedangkan kalau saya lihat, porsi di tempat kita tidak terlalu besar,” kata Esti. Sudah begitu, produk sushi Amerika biasanya ada tambahan tepung panir atau keju yang tentu saja akan menambah jumlah kalori.

“Yang perlu kita tanamkan, jangan menganggap sushi sebagai camilan. Sebab ada orang mengaku belum makan, meski sudah mengonsumsi sushi,” ujar alumnus UGM ini.

Menurut dia, kebutuhan kalori orang dewasa rata-rata 2.000. Jika siang hari sudah makan sushi, maka tak perlu makan nasi. Sedangkan makan pagi dan sore tetap dilakukan seperti biasa dengan menghitung jumlah kalori yang masuk. 

Sebagai contoh, bila siang hari orang mengonsumsi California rolls sushi yang disebut Beller mengandung 1.050 kalori, maka makan pagi dan sore tinggal dibatasi masing-masing 500 kalori. Lain hal bila mengonsumsi sashimi (ikan mentah), ini jauh lebih aman karena lebih banyak protein dibanding karbohidrat dengan jumlah kalori sekitar 60 saja.

Esti memberikan tips sehat untuk penggemar sushi, sebagai berikut:

- Perhatikan porsi sushi yang dikonsumsi, cukup 2-3 gulung.
- Pilihlah sushi yang nasinya tidak terlalu tebal. Jadi gulungannya lebih tipis, di mana porsi daging lebih banyak ketimbang nasi.
- Jika ikannya digoreng, perlu dipastikan cara menggorengnya. Hindari ikan yang digoreng dengan minyak banyak (dalam), karena sudah pasti akan menyerap banyak minyak (lemak). Biasanya, ikan yang bertepung panir menyerap banyak minyak.
- Jangan terlalu banyak menggunakan mayonaise dan kecap.
- Perhatikan juga bila mengonsumsi miso soup, karena kandungan kalorinya mencapai 500.